Bimbingan Belajar Baca Tulis



Ditulis oleh Diah Anggraini (Guru Kelas IV)


"Siapa yang tahu, ini gambar apa ya?" Kata Bu Ipung pembimbing belajar baca tulis bagi anak-anak yang belum mampu membaca dan menulis. Anak-anak serempak menjawab "Macan bu?" "Siapa yang ingin tahu cerita dalam buku ini?" tanya Bu Ipung lagi sambil menunjuk buku cerita. "Saya, saya bu?" anak-anak dengan semangat menjawab. "Bagus syaratnya harus bisa membaca. Yuk kita belajar membaca bersama", ajak Bu Ipung. 


Alhamdulillah itulah sekilas kegiatan perdana belajar membaca dan menulis di SD Juara Semarang yang diadakan setelah pulang sekolah mulai pekan kemarin. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibu Dra. Sri Purwaningsih atau biasa dipanggil Bu Ipung penemu metode ba bi bu be bo dari Semarang. 


Sebenarnya bimbingan belajar baca tulis sudah dilaksanakan sejak awal sekolah berdiri karena kondisi siswa yang masuk hampir 50% belum bisa baca tulis. Kami memilih metode ba bi bu be bo karena penemu metode berada di Semarang sehingga sangat mudah kami mengakses ilmu dari beliau. Setahun lebih kami mencoba mengaplikasikan sendiri ilmu dari beliau ternyata belum menunjukkan hasil yang menggembirakan sehingga mulai semester ini kami langsung memohon beliau untuk turun tangan mengelola bimbingan belajar baca tulis.

Untuk awal kami jadwalkan  dua kali pertemuan dalam sepekan. Selain belajar membaca siswa juga belajar menulis halus. Targetnya dalam 3 bulan siswa yang belum lancar membaca akan lancar membaca sekaligus bisa menulis halus. Semoga di semester ini semua siswa yang belum lancar membaca dan menulis dimudahkan Allah bisa lancar membaca dan menulis dan kedepannya menjadi siswa yang gemar membaca dan suka menulis. Mohon do'anya yach!!! 

0 Komentar