"Setiap Anak adalah Juara" Parenting School edisi spesial




Ditulis oleh: Yulifia Kurnia Putri (LSU SD Juara Semarang)

“Alhamdulillah, di akhir tahun ini saya mendapatkan pencerahan yang luar biasa dari Pak Munif”. Begitu tutur seorang peserta Seminar Pendidikan “setiap anak adalah juara”, yang merupakan edisi special dari parenting school rutin SD Juara Semarang. Parenting School ini menghadirkan pakar multiple intelligences Indonesia sekaligus penulis buku best seller Sekolahnya Manusia dan Gurunya Manusia, bapak Munif Chatib.
 

Acara ini dilaksanakan di Waroeng Djoglo, tidak jauh dari SD Juara semarang. Pada hari Sabtu, 31 Desember 2011, atau hari terakhir di tahun 2011. Acara ini juga menghadirkan Bapak Ciptono, kepala sekolah SLB Negeri Semarang, ketua komite SD Juara Semarang yang pernah menjadi pemenang Kick Andy Heroes bidang pendidikan tahun 2009. Pada kesempatan ini, pak cip membawa serta dua siswanya yang berkebutuhan khusus namun memiliki potensi yang luar biasa, satu adalah bakhul, si tunagrahita yang pandai menyanyi dan hafal banyak sekali lagu, juga Bagus yang tunanetra namun pandai matematika dan membaca prosa. 
 
Acara ini diikuti tidak saja oleh wali murid SD juara Semarang, namun juga peserta umum dari luar. 22 peserta umum, 4 tamu undangan dan beberapa amil rumah zakat nampak memenuhi kursi yang disediakan oleh panitia. Dalam kesempatan ini Pak Munif menggugah para peserta mengenai kemajemukan kecerdasan anak, meruntuhkan pandangan umum selama ini bahwa anak cerdas itu hanya dinilai dari pelajaran matematika saja. Dalam otak anak terdapat banyak sekali cluster kecerdasan, yang kadang salah satunya rusak atau lemah, namun sebenarnya masih ada banyak cluster kecerdasan yang bisa dioptimalkan dan dilejitkan. 
 
Pak munif menggambarkan ada 5 hadiah yang bisa didapatkan orang tua dari anak-anak mereka. Hadiah itu adalah Bintang yang cerah cemerlang, samudra luas dengan segala isinya, harta karun yang berharga namun masih menjadi misteri, penyelam yang kita sebagai orang tua harus mampu menyelami samudra luas itu, dan yang terakhir adalah bakat. 
 
Dalam seminar ini nampak sekali antusiasme para peserta, baik dari internal wali murid SD Juara maupun dari peserta umum, banyak sekali yang mengajukan pertanyaan, atau sekedar sharing mengenai masalah yang muncul pada anak-anak atau siswa mereka. Sayang sekali waktu yang tersedia sangat terbatas, sehingga tidak semua pertanyaan peserta dapat tersampaikan dengan sempurna. semoga bisa menginspirasi kita semua… 
 
“tidak ada yg namanya produk gagal Allah, karena Allah tidak pernah gagal menciptakan”

0 Komentar