MI Challenge, UTS Ala SD Juara diliput 8 media

Rekaman Video Kegiatan SM.TV

Kamis, 22 Maret 2012 SD Juara Semarang mengadakan kegiatan unik Multiple Intellegences (MI) Challenge. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian pembelajaran di semester genap yang dilaksanakan pada momentum Ulangan Tengah Semester (UTS). 


Pada umumnya momentum UTS diselenggarakan dengan bentuk test tertulis maupun test praktek. Bisa dibilang bahwa MI Challenge ini adalah UTS berbentuk test praktek. Karena memang konten acaranya menampilkan segala kreatifitas siswa atau siswa mempraktekkan ketrampilan-ketrampilan yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran sebelumnya.



MI Challenge kali ini adalah yang pertama digelar. Di tahun pertama hal serupa diadakan juga dengan nama dan bentuk yang berbeda. Saat itu kegiatan diberi tajuk SD Juara Got Talent. Boleh dikatakan MI Challenge ini adalah penyempurnaan dari konsep SD Juara Got Talent. Letak perbedaannya adalah, jika pada waktu SD Juara Got Talent siswa melakukan performence secara individu, di MI Challenge ini siswa performence secara klasikal. Sehingga lebih menekankan kolaborasi dibandingkan sekedar kompetisi.


Tiap kelas menampilkan performence yang telah dipersiapkan bersama guru kelasnya secara bergantian di atas panggung kelas yang sudah disiapkan panitia. Setiap penampilan dinilai oleh juri yang akan menjadi nilai setiap siswa. Dengan begitu momentum UTS selain menghasilkan penilaian kognitif sekaligus juga menghasilkan penilaian psikomotorik atau kreatifitas siswa.


Rencananya kedepan MI Challenge ini akan dilaksanakan tiap bulan sekali sebagai wujud konsistensi sekolah dalam menerapkan konsep Multiple Intellegences System. Goals lain yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah untuk mendongkrak percaya diri dan keberanian semua siswa untuk tampil di depan umum sehingga kapanpun dikehendaki untuk tampil ataupun ikut kompetisi semua siswa siap menjadi perwakilan sekolah. Percaya diri dan Keberanian adalah karakter yang sangat penting yang harus ada di setiap generasi penerus bangsa ini yang akan memimpin kompetisi global di era digital ini.


Gegap gempita performance siswa menyedot 8 media untuk meliputnya, antara lain; ANTV, Radar Semarang (Jawa Pos Group), Suara Merdeka TV, TATV, Indosiar, Tribun Jogja, Harian Semarang, dan detik.com.

0 Komentar