Semarak Juara 2012




Jumat, 22 Juni 2012. Semarak Juara 2012 adalah kegiatan akhirussanah SD Juara Semarang. Kegiatan yang berjalan dari pukul 07.00 hingga pukul 11.30 WIB itu diikuti oleh semua orangtua siswa dan beberapa tamu undangan.


Ada beberapa acara yang mengisi Semarak Juara kali ini. Diantaranya, Uji Publik Hafalan Juz ‘Amma yang dilakukan oleh 9 siswa yang telah lulus hafalan juz ‘amma-nya. Mereka adalah; Asep Deky Ardinata (kelas4), M. Alfian Fathan (kelas4), M. Zayyan Abdillah (kelas 4), Jundi Assahid (kelas 4), Nusaibah (kelas 4), Difa Fathan Adzima (kelas 3), Rosyad Kodlir (kelas 2), Kesya Regita Sulaksono (kelas 2), dan Zakiyah (kelas2). Uji publik hafalan menjadi acara pembuka semarak juara.



Acara berikutnya yang seru yaitu performance kelas. Tiap kelas menampilkan hiburan dengan durasi 15 menit. Penampilan diawali dari kelas 4 yang menampilkan gerak tari dan lagu lir ilir. Gerak tari ini di koreografi sendiri oleh siswa didampingi guru ekskull nasyid. Disusul penampilan kelas 1 yaitu opera dengan judul ‘semua bisa juara’. Opera menyampaikan pesan bahwa setiap anak bisa menjadi juara dengan berbagai kemampuannya. Performance kelas 3 dan 2 dilaksanakan setelah acara berikutnya yaitu talkshow parenting school.


Talkshow dengan tema ‘bersama membangun kemandirian umat’ diisi oleh ustadz Rich Moslem. Ustadz yang bernama asli Anif Sarsaeba itu mengaku terharu melihat kemampuan siswa yang berasal dari kalangan tidak mampu dalam melakukan performance. Adik kang Abik ini teringat masa kecilnya yang bernasib mirip dengan siswa SD Juara. Yaitu kondisi keluarganya miskin. Tapi sejak kecil orangtua beliau menanamkan mental kita boleh saja miskin tapi harus bermental kaya dan juara. Sehingga beliau berhasil berprestasi dalam proses pendidikannya dari sejak jenjang SD hingga perguruan tinggi. Dan kini beliau sudah menjadi seorang pengusaha sukses di usianya yang masih relatif muda. Para orangtua terpana dan tertegun mendengarkan paparan ustadz Rich itu. Salah seorang ada yang berkomentar, “ustadznya mantab sekali pak... saya jadi lebih semangat untuk bekerja”. 



Setelah talkshow dan performance kelas 3 dan 2 yang menampilkan pantomim tibalah acara yang ditunggu-tunggu yaitu pembagian raport dan reward siswa. Berurutan siswa dan orangtua dipanggil untuk naik di panggung menerima raport dan reward. Reward siswa kali ini berupa pin dengan inisial sesuai kemampuan yang dimiliki siswa contohnya siswa yang memiliki potensi kepemimpinan mendapat pin leadership. Pin tersebut didesain bisa dikalungkan seperti medali kejuaraan lomba.





Menjadi acara pamungkas di Semarak Juara kali ini adalah pemberian reward kepada orangtua yang paling aktif mengikuti kegiatan sekolah baik parenting school maupun taklim rutin pekanan kepada 8 orangtua dan penyerahan beasiswa juara kepada 24 siswa. 


Sebelum ditutup PKS Kurikulum menyampaikan agenda liburan sekolah dan hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru yaitu tanggal 11 Juli 2012.

0 Komentar