Fieldtrip: "Menyusuri jejak para Wali"



Ditulis oleh Diah Anggraini (guru kelas V)
Hari Rabu, 3 Oktober 2012 lalu, siswa kelas 5 mengadakan proses pembelajaran di luar kelas yakni berkunjung di Masjid Agung Jawa Tengah. Sebenarnya ini bukan yang pertama kali siswa belajar di luar kelas, kami sering mengadakan kegiatan field trip secara bersama serempak semua kelas. Namun, untuk kegiatan di MAJT ini hanya diikuti oleh kelas 5 yang berkaitan dengan pelajaran IPS tentang sejarah kebudayaan Islam di Indonesia. 



Kami mengunjungi Menara dan Museum sejarah Islam di MAJT. Sebelum mengunjungi museum, siswa masuk menara lantai 18 paling atas dan melihat pemandangan kota Semarang dari atas menara. Siswa sangat senang berada di menara dan sebagian siswa ada yang melihat dari teropong. Kemudian siswa menuju obyek utama yang akan dikunjungi yaitu Museum yang berada di lantai 2 dan 3 di bagian Menara.


Museum MAJT cocok dan pas dijadikan obyek pembelajaran di kelas 5 karena di museum tersebut terdapat benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan-kerajaan Islam sehingga siswa dapat memahami sejarah kerajaan Islam di Indonesia secara langsung dengan mengamati benda-benda di museum tersebut. Sambil mengamati, para siswa juga antusias mencatat informasi penting bersejarah di dalam museum.



Kegiatan ini didampingi oleh dua guru yaitu Bu Diah Anggraini (Wali Kelas 5 ) dan Bu Tri Nurmala Dewi (LSU). Kegiatan fieldtrip ini juga melibatkan bapak Kepala Sekolah kita yaitu Pak Joko Kristiyanto sebagai driver siswa putra dan Pak Hadi orang tua siswa dari Rizki Nurma kelas 5 sebagai driver siswa putri yang mengantarkan siswa ke Masjid Agung Semarang.


Kegiatan fieldtrip berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Akhir dari pembelajaran siswa menuliskan refleksi pada lembar kerja siswa outing class yang memuat evaluasi dari kegiatan tersebut.

0 Komentar