Semarak Manasik Haji dan Qurban



Ditulis oleh Nuryasin Muhammad Ngalim (PKS Kesiswaan)

Senin selasa rabu kamis jum’at sabtu minggu itu nama-nama hari, demikian siswa-siswa SD Juara Semarang menghitung-hitung hari menantikan pelaksanaan moment spesial yaitu manasik haji dan Qurban.
Hampir setiap hari baik siswa maupun wali murid menanyakan kapan pelaksanaan manasik haji dilaksanakan, bahkan ada walimurid yang menanyakan 2 bulan sebelumnya. “kapan pak latihan haji untuk anak saya dilaksanakan”tanya ibunya Muhammad Riyan Hidayat siswa kelas 3 yang sudah yatim sejak kecil.









Saat yang dinantikan akhirnya datang juga, kamis 25 Oktober 2012 di SD Juara Semarang dilaksanakan manasik haji di halaman sekolah, siswa –siswa sangat antusias melaksanakan ritual haji sambil mulut komat-kamit mengucap “labbaikkallahumma labbaik,labbaikala syarikalaka labbaik, innal hamda wanni’mata, laka wal mulk, la syarikalak”, dari wukuf di arofah, kemudian mengambil kerikil di muzdalifah, melempar jumrah di ula wustha aqobah kemudian thawaf di kakbah kemudian sa’i antara shafa dan marwa, kemudian ke zam-zam, dan diakhiri dengan tahalul.





Setelah acara manasik haji usai, siswa dihibur teatrikal kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail, yang diperankan oleh Pak Zen, Pak Yasin, Bu Dewi, dan 2 siswa (Dhiya dan Fatih), didalangi Pak Drajat. Siswa-siswa sangat antusias melihat teatrikal tersebut.




Masih di hari yang sama, di sore hari kita melaksanakan buka bersama di SD Juara Semarang untuk siswa kelas 4 dan 5 dan wali murid yang berpuasa arafah. Acara buka bersama diisi hafalan, al ma’tsurat kemudian diisi tausiyah oleh Bu Guru “Roichatul Jannah sering dipanggil Bu Icha”.




Setelah liburan idul Adha, di SD Juara Semarang melaksanakan penyembelihan 2 kambing di halaman sekolah pada hari senin tanggal 29 Oktober 2012, siangnya Guru, siswa, dan beberapa walimurid yang ikut masak menikmati sate, gulai, dan tongseng, Alhamdulillah nikmatnya.

0 Komentar