Teatrikal PUNAKAWAN

Teatrikal Punakawan mensosialisasikan tata tertib sekolah

T A R H I B Ramadhan 1433 H

Aksi kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H

Bisnisday Ramadhan 1433 H

Jualan ta'jil. Hasil penjualan diberikan semua untuk membantu warga muslim Rohingya.

Teng Dung

Aksi membangunkan warga sekitar sekolah untuk segera bersiap makan sahur

Aksi Hari Anak Sedunia

Pembelajaran outdoor kelas V pelajaran PKn. Menyeru hentikan kekerasan terhadap anak

Rabu, 29 Februari 2012

Juara Fashion Show


Ditulis oleh Nuryasin Muhammad Ngalim (PKS Kesiswaan)



Senin selasa rabu kamis jum’at sabtu minggu itu nama-nama hari, demikian lagu yang sering didengungkan seorang murid TK atau SD kelas 1. Akan tetapi pada ahad tanggal 26 februari 2012 ada hari yang dinanti-nantikan siswa SD Juara Semarang yaitu ada pelaksanaan lomba Science dan lomba menghafal dan fashion show. 



Sejak pagi hingga sore lelah, letih, lesu tidak dirasakan oleh kelima anak yang mengikuti lomba hafalan dan fashion show di DAQU Edutainment Semarang, mereka semangat berlomba dan menantikan pengumuman.
Saat yang dinantikan akhirnya datang juga, dari SD Juara menerjunkan 5 siswa ( 2 siswa untuk lomba hafalan, 3 siswa untuk lomba fashion show). Yang mendapat juara pada lomba kali ini adalah lomba fashion show mendapat juara harapan 3 bernama Kesya Regita dan mendapat juara harapan 1 bernama Ilma Anisa Maulana, mereka berdua mendapat piala dari DAQU Edutainment.

 


Adapun di tempat lain siswa SD Juara juga ikut lomba bahasa inggris, matematika dan IPA tingkat DIY JATENG, adapun yang memperoleh 10 besar dari 125 siswa adalah Alfian Fathan lomba matematika ( peringkat ke tujuh) mendapatkan bingkisan.


Kamis, 23 Februari 2012

astronot dan arkeolog SD Juara Semarang semarakkan panggung lomba lukis




Ditulis oleh Yulifia Kurnia Putri (LSU SD JUARA Semarang)
Hari Ahad, 19 februari 2012 5 siswa SD Juara Semarang mengikuti lomba lukis dengan tema "meraih cita-cita" yang diselenggarakan oleh Yayasan Yatim Mandiri Semarang. Lomba lukis ini diikuti oleh 125 peserta, sebagian besar adalah anak yatim asuhan Yayasan tersebut. Turut dihadiri pula oleh wakil gubernur Jawa Tengan Ibu Dra. Rustriningsih, MSi. 

Ada yang unik dari kontingen SD Juara Semarang kali ini, setiap anak diwawancarai oleh ibu Wagub mengenai cita-cita mereka, sebagian besar menjawan dokter, guru, dan pemain sepakbola. Namun berbeda dengan siswa-siswa SD Juara Semarang, mereka memiliki cita-cita yang berbeda dengan umumnya anak yang hadir, yaitu mereka menjawab astronot, arkeolog, polisi, ustadzah dan petani. 
 
 

Perlombaan pun dimulai, para peserta diberi waktu 1 jam untuk menggambar cita-cita mereka dalam gambar yang sebagus mungkin. Penjurian dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu pemilihan oleh juri independen yang kemudian dipilih 10 terbaik. Dalam tahap ini, 2 siswa SD Juara yang merupakan kakak beradik, Fiky (kelas 2) dan Zayyan (kelas 4) berhasil lolos. 
 
 

Pada tahapan penjurian selanjutnya dilakukan voting dari masyarakat umum yang hadir untuk kesepuluh gambar terpilih tersebut. Pada tahap ini selera masyarakat sangat berpengaruh pada penilaian. Setelah diumumkan, lukisan Zayyan dengan tema "aku ingin menjadi arkeolog" mendapatkan Juara Harapan 2 dan berhak atas trophy dan bingkisan dari sponsor. Sedangkan lukisan Fiky dengan tema "akulah sang astronot" belum mendapat perhatian besar dari masyarakat. 
 
 
Saat penyerahan hadiah. supporter SD Juara Semarang adalah supporter paling ramai di antara beberapa kontingen. Bahkan keriuhan saat penyebutan Juara harapan 2 dapat mengalahkan saat penyebutan Juara pertama. 
 
We are next, no one end.....yang lain next juga bersama kami dong......

Selasa, 14 Februari 2012

PHBS SD Juara SEHAT PARIPURNA

Senin kemarin SD Juara Semarang kedatangan dua orang tamu berseragam dinas. Mereka mendapat tugas dari Puskesmas Tlogosari Kulon untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang berjalan di sekolah.

Setelah memberikan keterangan terkait tugas, mereka berdua langsung berkeliling lingkungan sekolah untuk melakukan inspeksi. Sasaran pertamanya adalah kantin. Tidak hanya mengamati tapi mereka juga mengorek data dari penjual di kantin yang juga orang tua wali siswa SD Juara.

Selain kantin, mereka juga melihat kondisi kamar mandi dan tempat sampah.


Setelah berkeliling mereka kembali ke kantor untuk menjelaskan hasil inspeksi kepada Kepala Sekolah. Dengan jujur mereka mengatakan kagum dengan kondisi PHBS di SD Juara Semarang. Akhirnya merekapun memberikan penilaian PHBS SD Juara Semarang SEHAT PARIPURNA...

"Tolong dipertahankan ya pak...." kata salah satu petugas sidak.


Kamis, 09 Februari 2012

Tim Nasyid unjuk gigi di depan Bapak Walikota



Alhamdulilah pagi tadi, Tim Nasyid SD Juara Semarang mendapat kesempatan untuk unjuk gigi di hadapan bapak Walikota Semarang pada acara pembukaan Siaga Sehat yang dilaksanakan oleh PT Garuda Indonesia Cabang Semarang di Puskesmas Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara.


Selain Tim Nasyid juga ada duet maut Zayyan-Fathan yang membacakan surat An Naba’ secara hafalan di waktu pembukaan acara.


Ini adalah kali pertama penampilan tim nasyid yang diasuh oleh seniman multi talenta bapak Agus Sudrajat.

Semoga kedepan banyak kesempatan lagi untuk manggung sehingga tim nasyid ini semakin solid dan profesional. Amin.

Senin, 06 Februari 2012

Jerry ... “Snake Hunter”


Tidak ada yang menyangka sebelumnya jika Muhammad Jerry Pratama (biasa dipanggil Jerry) memiliki kecerdasan natural yang menonjol. Setahun awal kami mengenal dan memahami Jerry sebagai sang maestro Gambar karena seringnya ia ikut lomba gambar dan banyaknya piala berjejer di rumahnya hasil lomba gambar. Namun ternyata dia mempunyai kecerdasan lain yang juga menonjol.


Bermula dari keluhan guru kelas II tentang kedisiplinan 5 siswa (5 sekawan) salah satunya Jerry dalam mengikuti pembelajaran, dilakukanlah investigasi oleh PKS Kesiswaan. Walhasil 5 sekawan sering telat masuk kelas setelah istirahat karena asyik mencari ikan di kali dekat sekolah. Pertama-tama ikan selanjutnya berkembang mencari ular. Dari 5 sekawan tersebut sebenarnya hanya Jerry yang berani mencari dan menangkap ular. Empat yang lain hanya follow. Hampir setiap hari Jerry berhasil menangkap ular hijau. Ketika di interograsi Jerry mengatakan tahu cara menangkap dan menghilangkan bisa ular dari nonton acara Panji di TV. Bahkan dengan berseloroh diapun mengatakan ingin menjadi penerus Panji kelak.



Untuk mengurangi intensitas bahkan menghentikan 5 sekawan beraksi menangkap ular, Pak Yasin berinisiatif untuk membelikan binatang piaraan. Maka dibelilah Biawak yang dipanggil biebie (pernah di uplod di web int). Walaupun hanya berumur satu hari dan raib entah kemana karena kandang yang tersedia tidak memadai.



Ketika membaca komentar sobat pejuang di upload seri Biawak Biebie ada satu ide untuk me link an 5 sekawan dengan komunitas Reptil Semarang. Langsung saja Bu Nia googling mencari komunitas pecinta Reptil di Semarang. Dan ketemulah T- Rec. Sekolah mengundang T-Rec untuk eksibisi Reptil di sekolah dengan harapan bisa memenuhi keingintahuan yang besar dari beberapa siswa tentang reptil terutama ular.  




Merekapun datang bertandang ke sekolah dengan membawa koleksi puluhan ular phyton yang besar-besar.
Melihat antusias siswa T-Rec seperti menemukan kader penerus komunitas mereka. Merekapun membagikan kartu anggota gratis kepada siswa. Hal ini memberikan inspirasi kepada sekolah untuk membuat club dan ekstrakurikuler pecinta binatang meski tidak dalam waktu dekat karena sekarang sedang fokus membenahi kemampuan baca tulis beberapa siswa termasuk 3 dari 5 sekawan.



Semoga kami diberi kekuatan untuk terus melakukan discovering ability siswa juara sehingga semua siswa ketahuan bakat dan potensinya. Amin...