Teatrikal PUNAKAWAN

Teatrikal Punakawan mensosialisasikan tata tertib sekolah

T A R H I B Ramadhan 1433 H

Aksi kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H

Bisnisday Ramadhan 1433 H

Jualan ta'jil. Hasil penjualan diberikan semua untuk membantu warga muslim Rohingya.

Teng Dung

Aksi membangunkan warga sekitar sekolah untuk segera bersiap makan sahur

Aksi Hari Anak Sedunia

Pembelajaran outdoor kelas V pelajaran PKn. Menyeru hentikan kekerasan terhadap anak

Kamis, 22 Maret 2012

MI Challenge, UTS Ala SD Juara diliput 8 media

Rekaman Video Kegiatan SM.TV

Kamis, 22 Maret 2012 SD Juara Semarang mengadakan kegiatan unik Multiple Intellegences (MI) Challenge. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian pembelajaran di semester genap yang dilaksanakan pada momentum Ulangan Tengah Semester (UTS). 


Pada umumnya momentum UTS diselenggarakan dengan bentuk test tertulis maupun test praktek. Bisa dibilang bahwa MI Challenge ini adalah UTS berbentuk test praktek. Karena memang konten acaranya menampilkan segala kreatifitas siswa atau siswa mempraktekkan ketrampilan-ketrampilan yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran sebelumnya.



MI Challenge kali ini adalah yang pertama digelar. Di tahun pertama hal serupa diadakan juga dengan nama dan bentuk yang berbeda. Saat itu kegiatan diberi tajuk SD Juara Got Talent. Boleh dikatakan MI Challenge ini adalah penyempurnaan dari konsep SD Juara Got Talent. Letak perbedaannya adalah, jika pada waktu SD Juara Got Talent siswa melakukan performence secara individu, di MI Challenge ini siswa performence secara klasikal. Sehingga lebih menekankan kolaborasi dibandingkan sekedar kompetisi.


Tiap kelas menampilkan performence yang telah dipersiapkan bersama guru kelasnya secara bergantian di atas panggung kelas yang sudah disiapkan panitia. Setiap penampilan dinilai oleh juri yang akan menjadi nilai setiap siswa. Dengan begitu momentum UTS selain menghasilkan penilaian kognitif sekaligus juga menghasilkan penilaian psikomotorik atau kreatifitas siswa.


Rencananya kedepan MI Challenge ini akan dilaksanakan tiap bulan sekali sebagai wujud konsistensi sekolah dalam menerapkan konsep Multiple Intellegences System. Goals lain yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah untuk mendongkrak percaya diri dan keberanian semua siswa untuk tampil di depan umum sehingga kapanpun dikehendaki untuk tampil ataupun ikut kompetisi semua siswa siap menjadi perwakilan sekolah. Percaya diri dan Keberanian adalah karakter yang sangat penting yang harus ada di setiap generasi penerus bangsa ini yang akan memimpin kompetisi global di era digital ini.


Gegap gempita performance siswa menyedot 8 media untuk meliputnya, antara lain; ANTV, Radar Semarang (Jawa Pos Group), Suara Merdeka TV, TATV, Indosiar, Tribun Jogja, Harian Semarang, dan detik.com.

Rabu, 21 Maret 2012

Taklim Orangtua

Alhamdulillah sudah hampir dua bulan sejak Januari 2012 taklim rutin bapak-bapak orangtua siswa kembali diaktifkan.

 
Taklim yang semula diadakan di musholla di komplek SD Juara Semarang setiap kamis siang dengan pertimbangan sembari orangtua menjemput putra putri mereka, mulai awal semester ini diubah tempat pelaksanaannya menjadi berbasis tempat tinggal orangtua dan dilaksanakan di malam hari. Orangtua sepakat malam hari karena waktunya lebih luang dan longgar.


Taklim yang dilaksanakan tiap pekan tersebut dibimbing langsung oleh bapak Kepala Sekolah dan PKS Kesiswaan. Adapun acara dalam taklimnya antara lain; pembacaan wirid al ma’tsurat bersama-sama, hafalan surat pendek bersama-sama, tausyiah, diskusi, dan infaq majelis. Infaq majelis diperuntukkan untuk latihan saling ta'awun bagi peserta yang sedang kena musibah seperti sakit atau kematian.


Harapannya, majelis taklim ini menjadi sarana thalabul ilmi keislaman untuk semua orangtua sekaligus juga untuk membangun ukhuwah komunitas keluarga besar SD Juara Semarang dengan tahapan saling mengenal, memahami, dan tolong menolong. Sehingga pihak sekolah bisa lebih mengenal dan memahami kondisi orangtua dan sebaliknya, orangtua akan semakin loyal kepada pihak  sekolah.

Senin, 19 Maret 2012

SD JUARA jadi buah bibir



Senin pagi yang cerah Alhamdulilah, kembali Jerry (Muhammad Jerry Pratama, siswa Kelas II) membuktikan kepiawaiannya memainkan kuas dengan imajinya nan liar. Ia berhasil meraih juara III dalam lomba melengkapi dan mewarnai gambar tingkat kota Semarang yang diselenggarakan Yayasan Al Mawaddah Tlogosari Pedurungan sabtu, 17 Maret 2012 kemarin.


SD Juara Semarang dalam kesempatan lomba kali itu mengirimkan 14 peserta; 9 peserta Pildacil dan 5 peserta melengkapi dan mewarnai gambar.



Selain Jerry, ada Nourma (Rizky Nourma Yulianti, siswi kelas IV) yang berhasil menjadi juara harapan III untuk lomba Pildacil.

Disaat berlangsung lomba pildacil ada seorang ibu yang mengomentari keberanian salah satu siswi SD Juara. “Subhanallah yach, Intan sekarang koq berani tampil di panggung padahal dulu ketika TK ia sangat pendiam dan penakut. Selamat buat SD Juara”, komentarnya. Rupanya beliau adalah mantan guru Intan (siswi kelas II) sewaktu duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK).




Dalam waktu yang berbeda, pak Yasin (Nuryasin Muhammad Ngalim, PKS Kesiswaan) juga melaporkan bahwa SD Juara sering menjadi bahan pembicaraan di kalangan Sekolah Islam Terpadu. Mereka menyatakan kemajuan SD Juara dalam pelaksanaan pembelajaran yang berbeda dan prestasi-prestasi yang akhir-akhir ini diraihnya.



Selain cellebration untuk peserta lomba, senin pagi ini juga diserahkan reward untuk dua siswa yang memiliki kebiasaan unik yaitu sangat rajin menabung dan jarang sekali jajan. Mereka adalah Niqmatul Annisyah siswi kelas III dan Irfan Nur Sodiq siswa kelas IV.

Untuk lebih meratakan kesempatan berprestasi dan juga menfasilitasi siswa untuk latihan percaya diri dan berani tampil di depan umum, kedepan sekolah tiap bulan akan menyelenggarakan MI Challenge yang akan dimulai Kamis pekan ini. Apa dan bagaimana MI Challenge ikuti terus perkembangannya disini...!!!

Kamis, 15 Maret 2012

Nikmatnya Kebersamaan dalam Parenting School Special


Hari ahad, 11 maret 2012 SD Juara Semarang melaksanakan kegiatan rutin bulanan untuk orang tua yaitu Parenting School. Untuk menjaga antusias orang tua kegiatan dikemas sedikit berbeda dari biasanya.


Acara dimulai dengan futsal untuk bapak – bapak di Joglo Tria Futsal. Futsal diikuti oleh semua guru putra, bapak-bapak orangtua siswa, dan beberapa siswa putra. Ada canda, tawa disana. Selain menyehatkan, kegiatan tersebut juga makin merekatkan hubungan antara guru, orangtua dan siswa. Obrolan-obrolan pun mengalir menghilangkan kekakuan dan formalitas hubungan. Salah seorang bapak berseloroh, “alhamdulillah pak, dengan ikut futsal selain keluar keringat juga pikiran-pikiran yang nggak enak juga keluar termasuk jadi nggak ingat kalo punya hutang...hehe”.


Disaat bapak-bapak asyik bermain futsal, ibu-ibu juga tidak ketinggalan asyik bercanda mengobrol sambil mengupas buah dan menyiapkan bumbu yang akan diracik menjadi sambal sedap nomor satu di dunia. Mereka mensupport penuh suksesnya rujak party yang akan digelar setelah bapak-bapak selesai bermain futsal.


Pukul 09.30 rujak party dimulai. Dengan sigap ibu-ibu membagikan potongan buah dan sambal ke kerumunan masa yang sudah siap menunggu. Disana ada bapak-bapak orangtua siswa, ada guru, juga beberapa siswa yang ikut. Nuansa kebersamaan dan keakraban sangat terasa saat itu.

Setelah stok rujak yang disiapkan ludes, orangtua digiring untuk memasuki ruangan kelas dan menikmati materi Parenting School yang telah disiapkan. Bapak kepala sekolah membuka dan memberikan info tergress terkait perkembangan sekolah sebelum materi inti yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disampaikan oleh bapak Agus Sudrajat, SKm.


Materi PHBS ini kali kedua diberikan. Kenapa? Karena masih banyak ditemukan siswa maupun kondisi rumah siswa yang belum memenuhi standar PHBS. Sebut saja sebagai contoh; masih ada beberapa siswa yang belum mandi ketika berangkat sekolah sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap dan mengganggu konsentrasi belajar temannya. Ada juga siswa yang belum terampil buang air, baik buang air besar maupun kecil. Dan banyak siswa yang panjang kuku dan rambut untuk siswa putra. Harapannya dengan diberikan pemahaman sekali lagi mereka akan mampu berubah lebih baik dalam hal kebersihan dan kesehatan diri maupun lingkungan.

Senin, 12 Maret 2012

Pendaftaran Siswa Baru tahun ajaran 2012-2013



NONTON BARENG "HAFALAN SHALAT DELISA" DI BIOSKOP MINI SD JUARA


Ditulis oleh Muhammad Zainal Abidin Hasan (PKS Kurikulum SD Juara Semarang)

Hari itu, jum'at (9/3) SD Juara Semarang mengadakan acara nonton bareng Hafalan Shalat Delisa (HSD) yang di pusatkan di ruang kelas 1. Di SD Juara Semarang, hari Jum'at memang dikhususkan untuk kegiatan karya-cipta siswa. Dan kali itu di sepakati dewan guru untuk movie learning dengan acara nonton bareng.


Walau sedikit terlambat memutar -dari peluncuran- filmnya. Namun, ternyata hampir 99% siswa SD Juara Semarang belum pernah menyaksikannya. Alhasil ketika film mulai di putar, anak-anak begitu antusias (tenang dan tertib) menonton. 


Lebih dari itu sejumlah siswa ada yang terharu, sedih sampai meneteskan air mata, bahkan adapula yang menangis tersedu-sedu dari menit-menit awal hingga acara selesai. Tidak hanya itu, beberapa guru yang ikut menyaksikanpun ikut hanyut dalam suasana, sampai berlinang air mata.


Jika dilihat dari sudut pandang edukasi., Film "HSD" memang syarat dengan pesan-pesan edukasi yang religi. Setidaknya film itu mengajarkan tentang: keikhlasan, kebersamaan, ketaatan, kerja keras, dan kesabaran.( -red-) 

Bagi yang belum nonton.... segera nonton....

'Ngenge' Juara Science & Math


Alhamdulillah di senin pagi yang cerah Allah mencurahkan banyak sekali kenikmatan dan kegembiraan. Salah satu nya kabar gembira dari Kesiswaan.


Sabtu kemarin, 9 siswa SD Juara Semarang ikut lomba Science & Math tingkat kota Semarang yang diselenggarakan oleh TK & SD Bertaraf Internasional Semarang. Semua peserta lomba harus mengerjakan soal tertulis yang 30 % nya berbahasa inggris.


Alhamdulillah Athena Ratu Srengenge berhasil meraih juara Harapan I untuk kelompok kelas I menyisihkan 50 peserta lain. Sehingga bertambahlah koleksi piala yang diserahkan langsung oleh Ngenge tadi pagi sewaktu upacara kepada bapak kepala sekolah. Piala ini akan di duplikasi, yang asli diserahkan kembali kepada siswa dan duplikatnya dipajang di sekolah.


Selain penyerahan piala hasil lomba, Kesiswaan juga membagikan reward pekanan yang senin ini diberikan kepada ananda Salman Faturrahman siswa kelas I yang mempunyai kebiasaan puasa sunah senin kamis. Nama rewardnya adalah kecil-kecil jago puasa senin kamis. Mengalahkan gurunya...hehe.

Senin, 05 Maret 2012

Reward Kebiasaan UNIK


Ada tradisi baru yang sedang dimulai di SD Juara Semarang. Walaupun sebenarnya tidak baru-baru amat karena di tahun pertama tradisi ini juga sudah pernah dilakukan. 


Semangat ini muncul kembali bermula dari inspirasi yang kami dapatkan di pelatihan guru akhir bulan lalu. Pembicara memberikan contoh kegiatan rutin pekanan yang dilakukan sekolah dalam rangka kaizen atau perubahan berkesinambungan. Kegiatannya diberi nama reward siswa yang melakukan kebiasaan unik. Sharing kegiatan tersebut menyegarkan dan menguatkan kembali azzam kami untuk selalu memberikan reward kepada siswa minimal satu kali sepekan.


Maka sejak akhir februari kemarin kami pun memulai kembali tradisi reward pekanan. Dua bersaudara (Dhimas dan Bagas) menjadi siswa pertama yang mendapatkan reward pekanan. Mereka berdua kedapatan sering membantu tugas household. Mereka berdua adalah tipe siswa yang ringan tangan atau suka membantu. Guru kelasnya pun mengamini ketika usulan reward jatuh kepada mereka di meeting pekanan kami.
Berlanjut di senin pekan ini, reward pekanan kami berikan kepada Annisa, siswi kelas II. Para guru sering menjumpai Nisa menata sandal di musholla dan menyapu teras kelas. Tindakan kecil namun sangat berarti dan berkesan.


Semoga kedepan makin banyak siswa yang memiliki kebiasaan-kebiasaan unik tentunya yang baik-baik. Dan inilah sesungguhnya hasil yang kami inginkan dari proses pendidikan ini. Semoga Allah memudahkan. Aminnnn.