Teatrikal PUNAKAWAN

Teatrikal Punakawan mensosialisasikan tata tertib sekolah

T A R H I B Ramadhan 1433 H

Aksi kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H

Bisnisday Ramadhan 1433 H

Jualan ta'jil. Hasil penjualan diberikan semua untuk membantu warga muslim Rohingya.

Teng Dung

Aksi membangunkan warga sekitar sekolah untuk segera bersiap makan sahur

Aksi Hari Anak Sedunia

Pembelajaran outdoor kelas V pelajaran PKn. Menyeru hentikan kekerasan terhadap anak

Senin, 28 Mei 2012

Belajar Produksi Opak


Beberapa waktu lalu siswa kelas I dan II SD Juara Semarang belajar membuat opak. Salah satu makanan khas yang terbuat dari singkong.


Masing-masing siswa membawa kaleng susu bekas yang masih baik dan bersih untuk alat cetakan.

Bahan-bahan disiapkan oleh guru, berupa singkong yang sudah dihaluskan dan bumbu.



Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut;
Pertama, membuat adonan singkong dan bumbu.
Kedua, adonan ditempelkan di kaleng cetakan.
Ketiga, adonan dikukus.
Keempat, adonan dikeringkan dengan cara dijemur sampai kering. Setelah kering bisa digoreng dan dinikmati.


Ehmmm....nyummmy.... Ternyata mudah membuat opak.

Jerry juara lagi



Ahad, 27 Mei 2012 kemarin kembali Jerry merebut piala juara harapan III dalam event lomba mewarnai gambar di ADA Majapahit Semarang. Ia berhasil menyisihkan ratusan peserta yang lain. Piala langsung diserahkan kepada kepala sekolah sewaktu upacara senin tadi pagi. Ini adalah piala keempat yang disumbangkan siswa bernama lengkap Muhammad Jerry Pratama kelas II itu.



Selain menerima piala, bapak kepala sekolah juga memberikan reward kepada siswa yang terbiasa ‘uluk’ salam. Ia adalah Yunisa Amelia, siswa kelas III. Reward kebiasaan unik ini diberikan dengan tujuan untuk memantik siswa terbiasa berbuat baik bagaimanapun caranya.

Kamis, 24 Mei 2012

Camping Juara



Sepekan lalu, SD Juara Semarang mengadakan Camping di Bumi Perkemahan Gonoharjo Kendal. Kegiatan ini diikuti oleh kelas III dan IV sebanyak 38 siswa dari 41 siswa seharusnya. Mereka didampingi oleh 10 guru dan 4 orang relawan. Peserta dibagi dalam 8 barung dan 4 tenda.


Kemungkinan resiko karena jalur jalan yang berat membuat sekolah memutuskan untuk memakai transportasi berupa 2 buah truk satpol PP Kota Semarang.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan  adalah sebagai berikut;
Pertama, pemasangan tenda. Semua peserta ditampung dalam 4 tenda. Karena belum pernah mendapatkan materi pasang tenda, akhirnya tenda dipasang oleh masing-masing pendamping. 


Kedua, Apel pembukaan dan ma’rifatul maydan. Camping dibuka oleh bapak Kepala Sekolah dengan pemasangan bendera barung pada tongkat masing-masing ketua barung. Ma’rifatul maydan dipandu oleh Seksi acara dengan tujuan untuk menegenalkan lingkungan sekitar bumi perkemahan dan lokasi untuk kegiatan malam.


Ketiga, Malam harinya setelah sholat dan wirid al ma’tsurat siswa tiap barung menampilkan pentas seni atau haflah. Tiap barung diberi waktu 5 menit untuk pentas seni. Selain peserta, panitia juga didaulat untuk pentas. Panitia yang diwakili seksi acara menampilkan kesenian khas banten yaitu debus.


Keempat, Pukul 20.00 siswa tidur malam dan dibangunkan kembali pukul 02.00 dini hari dilanjutkan dengan qiyamullail. Setelah itu siswa satu persatu melakukan perjalanan malam tanpa suara dan bertafakur. Tujuannya agar siswa merasakan bahwa Allah selalu bersama kita walau kita sedang sendirian. Di satu titik tertentu di hutan kopi, panitia sudah menyiapkan ID card peserta yang diberi nama semua peserta yang harus diambil oleh mereka. Acara ini berlangsung hingga menjelang subuh. Yang ditutup dengan muhasabah oleh ketua panitia, bapak Agus Sudrajat.



Kelima, Senam pagi bersama pak Agus yang sangat kinestetik. Semua lagu bisa dibuatnya menjadi gerakan senam. Setelah senam, sarapan dan dilanjutkan outbond yang terdiri dari perang badar, spider web, sungai beracun, berenang dalam lumpur, merayap, dan setan malaikat. Acara diakhiri dengan long march menuju pemandian air panas yang berjarak 1 km dari lokasi tenda.


Acara ditutup dengan pemberian reward semua barung dengan kriteria; barung tersemangat, terkreatif, terkompak, dan paling sungguh-sungguh. Masing-masing kriteria dinilai dari semua kegiatan yang ada. Diantaranya; tersemangat outbound, tersungguh-sungguh longmarch, terkompak yel-yel, terkreatif pentas seninya. Semoga kegiatan ini menjadi special moment yang tak terlupakan hingga masa tua mereka.

Senin, 21 Mei 2012

Siswa juara menangi lomba gambar


Ahad 20 Mei 2012, kemarin kembali siswa SD Juara Semarang membuktikan potensinya. 2 piala berhasil digondol di kegiatan Fun Day With Rumah Zakat yang digelar oleh NFE Indonesia Juara Semarang.


2 piala tersebut diraih oleh Sahla Fajrina Jentri kelas III juara I lomba menggambar, dan Muhammad Jerry Pratama juara II lomba yang sama. Untuk Jerry, ini adalah piala ketiga yang disumbangkan ke sekolah. Jerry semakin mengokohkan eksistensinya dalam dunia gambar-menggambar.


Selain mereka, sekolah juga mengirimkan 2 peserta lomba tilawah dan 2 peserta pildacil yang kali ini belum berhasil menjadi pemenangnya.

Siswa juara ikuti wisuda akbar Indonesia Menghafal 3


Sabtu 19 Mei 2012 kemarin, 7 siswa SD Juara Semarang ikut serta dalam wisuda akbar Indonesia Menghafal 3 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).



Acara yang diselenggarakan oleh PPPA Daarul Qur’an ini diikuti ribuan peserta dan langsung diwisuda oleh Ust. Yusuf Manshur.


Ke-7 siswa yang telah hafal juz amma dan mengikuti wisuda akbar adalah sebagai berikut; Nusaibah, Muhammad Zayyan Abdillah, Alfian Fathan Mubina kelas 4, Difa Fathan Adzima, Sahla Fajrina Jentri kelas 3, Farah Na’imah, dan Kesya Regita Sulaksono kelas 2.

Semoga dengan kegiatan ini memantik siswa yang lain untuk lebih giat dalam menghafal alqur’an.

Jumat, 11 Mei 2012

FIF Mengajar di Sekolah Juara


Selasa kemarin, SD Juara Semarang kedatangan rombongan tamu dua mobil. Mereka adalah tim dari FIF Cabang Semarang yang akan mengajar siswa kelas IV.


Kegiatan FIF mengajar ini adalah bagian dari serangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT).

Sebelum tim masuk ke kelas terlebih dahulu beraudiensi dengan pihak sekolah di kantor. Kepala cabang FIF Semarang menerangkan maksud kedatangan mereka kepada Kepala Sekolah.


FIF Mengajar berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.30. Diawali dengan kuliah umum yang membahas tentang safety riding. Selanjutnya siswa dibagi 4 kelompok dan secara bergantian tim menyampaikan materi-materi yang telah disiapkan, diantaranya; kebersihan gigi, peraturan lalu lintas, air, dan pemberantasan nyamuk DB.


Siswa kelas IV bergembira sekali mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi, setelah usai semua siswa menerima snack yang disiapkan tim FIF. “Terima kasih FIF....” teriak anak-anak serempak.

Kamis, 10 Mei 2012

Sekolah juara, siswa dan gurunya JUARA



Alhamdulillah kembali pekan ini, siswa-siswa SD Juara Semarang berhasil menorehkan prestasi terbaiknya. Mereka adalah; Rizki Nourma siswi kelas IV yang berhasil meraih juara I lomba dongeng Shiroh Nabi dan Oktavia Rohana siswi kelas IV juara II lomba yang sama dalam rangka HUT Yayasan Pengajian Ahad Pagi Bersama (PAPB) Semarang yang diselenggarakan akhir April lalu. 


Selain para siswanya yang berprestasi, guru juara juga mulai menunjukkan potensinya. Ia adalah bapak Joko Kristiyanto, guru bidang studi Kelas III dan IV telah berhasil menjadi juara II lomba menulis esai guru dalam rangka Milad PKS ke-14 dan HUT Kota Semarang ke-465. Semoga ini menjadi awal mulai berprestasinya para guru juara untuk membuktikan bahwa sekolah juara memang layak untuk menjadi Referensi dan Mitra bagi Lembaga Pendidikan Berkualitas yang Memberdayakan.