Minggu, 21 Juli 2013

Siwa SD Juara bak Raja & Ratu

Ditulis oleh Zainal el Bughuri


SD Juara Semarang-Senin, 15 Juli 2013. Mengawali tahun ajaran baru 2013/2014 SD Juara Semarang menyelenggarakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) khusus bagi siswa baru kelas satu. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari (Senin-Rabu) dengan beragam kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia. Mulai dari penyambutan, upacara pembukaan, drama Islami, pengenalan model pendekatan pembelajaran, demo kegiatan ekskul sampai dengan pengenalan lingkungan sekolah.


Walaupun tahun ini pelaksanaannya berbarengan dengan pelaksanaan ibadah puasa Romadhon, tidak mengurangi semangat kami untuk tetap menyelenggarakan kegiatan MOS tersebut. Karena kami memiliki tujuan agar siswa masuk di hari-hari pertama itu dalam keadaan alfa; nyaman, senang, riang dan gembira sehingga setiap siswa memiliki motivasi yang tinggi untuk berangkat dan belajar di sekolah kedepannya.

Hari pertama, Kegiatan MOS diawali dengan penyambutan (welcomer’s) oleh seluruh guru SD Juara di pintu gerbang masuk area sekolah. Yang menarik, semua guru menggunakan accessories kerajaan (Jubah, Mahkota, Tongkat kebesaran). Sedangkan siswa dibuatkan replika mahkota. Setiap siswa yang baru datang disambut bak raja dan ratu, dianugerahi mahkota kerajaan dengan model kreasi yang unik dan menarik hasil desain guru. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung yakni sebanyak 150 mahkota kerajaan. Tujuannya apa? Kami ingin menghargai dan memaknai setiap siswa yang hadir adalah raja dan ratu yang begitu dicintai oleh semua guru tanpa kecuali. 

Tentu tidak hanya sekedar menyematkan mahkota saja yang dilakukan pada saat penyambutan, budaya 3S (senyum, salam dan sapa) menjadi standar layanan kami. Bahkan ditambahkan dengan kalimat positif dan motivasi yang dituangkan pada mahkota yang mereka kenakan. Dan hasilnya Alhamdulillah, siswa merasa senang, gembira merasa dihargai dan merasakan keakraban yang luar biasa dengan guru-gurunya. 
Acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di halaman sekolah yang diwarnai dengan pelepasan balon udara yang berwarna-warni sebagai simbol keberagaman  potensi dan cita-cita siswa. Di terbangkan ke atas setinggi mungkin menginterpretasikan setiap siswa wajib memiliki cita-cita yang tinggi. Dan dalam satu ikatan, melambangkan kebersamaan dalam perbedaan untuk mencapai satu tujuan yaitu menjadi siswa JUARA DUNIA AKHIRAT.
Hari kedua, kegiatan diisi dengan penyambutan di pagi hari oleh perwakilan guru (petugas welcomer’s). Kemudian dilanjutkan dengan pembiasaan ibadah shalat dluha, dzikir, asmaul husna, do’a dan alma’tsurat bagi seluruh siswa. Setelah itu dilanjutkan dengan Tahsin, tahfizh Quran (TTQ).

Kegiatan tersebut diatas rutin dilakukan di awal jam pembelajaran di SD Juara Semarang. Selama romadhon ditambah lagi kegiatan keislamannya berupa khataman (tilawah quran berjama’ah). 

Demo ekskul juga mewarnai kegiatan MOS di hari kedua. Mulai dari, MIPATEK, PRAMUKA, BELADIRI, JURNALIS, FUTSAL, MELUKIS/MEWARNAI, HANDYCRAFT  sampai dengan RE-BAND-A.

Hari Ketiga, MOS diisi dengan kegiatan bersih lingkungan sebagai upaya memelihara kelestarian lingkungan yang sudah menjadi program terpadu antara sekolah dengan masyarakat setempat. 
Demikianlah kegiatan MOS  yang kami laksanakan sebagai implementasi Multiple Intelligences (MI) yang menjadi ruh pembelajaran di SD Juara Semarang.

SD JUARA! BELAJARKU UNTUK MASA DEPANKU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar