Selasa, 11 Maret 2014

PARENTING SCHOOL SD JUARA SEMARANG

Semarang, Kegiatan Parenting School (PS) di SD Juara semarang menjadi agenda rutin yang wajib diikuti oleh orang tua / wali siswa. Mengambil jadwal pada hari Minggu setiap akhir bulannya atau awal bulan berikutnya jika pada akhir bulan acara tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Pada awalnya kita melaksanakan kegiatan Parenting School setiap hari Sabtu. Namun setelah dievaluasi terkait kehadiran orang tua dan banyaknya masukan dari orang tua maka, hari minggu menjadi hari yang ‘menyenangkan’ bagi para orang tua dalam mengisi libur akhir pekannya.
              Kegiatan ini bertujuan sebagaimana dimaklumi menjadi bagian tak terpisahkan dari tujuan  didirikannya sekolah juara. Yakni memberdayakan dan memberikan kebermanfaatan sebanyak-banyaknya bagi masyarakat ekonomi lemah.  Karena mayoritas orang tua siswa berlatar belakang ekonomi lemah, cenderung memiliki korelasi lemahnya perhatian orang tua terhadap pendidikan putra – putrinya. Maka, untuk menyamakan ‘frekuensi’ antara guru dan orang tua siswa dalam hal pendidikan, memberikan pendampingan dan penyikapan terhadap berbagai masalah belajar  yang dihadapai siswa, maka kegiatan parenting school menjadi salah satu problem solvingnya.
              Materi yang disajikan sangat beragam mulai dari; masalah pendidikan anak, kesehatan, ekonomi, agama sampai kepada problem rumah tangga dibahas disetiap momennya. Demikian juga dengan narasumber yang kita undang adalah narasumber yang berkompeten dibidangnya.
              Untuk memotivasi orang tua siswa bisa hadir di acara parenting school, panitia selalu menyediakan reward untuk orang tua siswa yang hadir. Salah satu contohnya kegiatan parenting school yang diselenggarakan pada hari, Minggu 9/3/2014 kemarin.  Sebanyak 85 eksemplar  (85 Kepala Keluarga) menerima  mushaf al qur’an sebagai  rewadrnya.  Al qur’annya sendiri  merupakan implementasi dari program penyaluran Al Qur’an RZ.

1 komentar:

  1. Hebat idenya, tetap memperdayaka umat dan membagi kebaikan dan manfaat

    BalasHapus