Field Trip SD Juara Semarang ke Yogyakarta


Ditulis oleh Yulifia Kurnia Putri (LSU SD Juara Semarang )


Menjadi pengalaman pertama untuk SD Juara Semarang mengadakan perjalanan jauh hingga ke luar kota, bahkan luar provinsi. Hari Selasa, 29 November 2011 seluruh siswa melakukan field trip yang telah menjadi program SD juara. Program ini diagendakan satu semester sekali. Dan pada semester ini Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tujuannya. 


Pagi-pagi sekali seluruh siswa sudah berkumpul di lingkungan SD Juara Semarang. Dua bus besar pun sudah menunggu para siswa. Tepat pada pukul 06.00 dimulai pemberangkatannya, dimulai dengan do’a bersama sebelum perjalanan. Berbagai peristiwa mewarnai 4 jam perjalanan dari semarang menuju Yogyakarta, mulai dari yang mabuk perjalanan, yang jalan-jalan dalam bus hingga menyanyi dengan bergaya bak pengamen dalam bus.


Tujuan pertama perjalanan ini adalah bank sampah di daerah Bantul DIY, ada 3 pos yang dikunjungi. Pertama, kantor bank sampah, di sini siswa-siswa diajak untuk menyetorkan sampah plastic yang sudah dibawa dari semarang, ada yang membawa botol air mineral, plastic bungkus makanan ringan dan sampah plastic lainnya. Seperti layaknya di bank, anak-anak mendapatkan kuitansi penerimaan barang. 



Pos kedua, masih di bank sampah pengolahan limbah Styrofoam yang begitu banyak ada di sekitar kita seiring dengan majunya produksi barang-barang elektronika. Styrofoam merupakan limbah yang berbahaya dan tidak mudah terurai di alam, ketika dibakar pun menimbulkan masalah lain yaitu asap yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Di sini Styrofoam dihancurkan sampai sehalus mungkin, kemudian dicampur dengan semen dan air. Campuran tadi dapat dibentuk sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan cetakan. Hasilnya, beberapa benda pakai seperti asbak, pot bunga, patung, replica burung garuda dan lain-lain. Styrofoam di sini bersifat sebagai pengganti pasir agar benda yang dihasilkan memiliki bobot yang lebih ringan dibanding bila menggunakan pasir. 



Pos ketiga adalah pos pengolahan sampah plastik. Di sini sampah plastic diolah menjadi berbagai macam tas yang cantik dan fungsional. Pertama, sampah dipilah berdasarkan jenisnya, lalu dicucu kemudian dijahit menjadi bentuk-bentuk yang sesuai keinginan. Dalam pembuatannya, membutuhkan ketekunan dan ketelitian yang besar untuk menghasilkan tas cantik yang bernilai jual. Di sini, sampah plastic yang tidak bernilai, setelah diolah dapat dijual dengan harga yang cukup mahal. 



Tujuan kedua adalah Kebun Binatang Gembira Loka yang berlokasi di daerah Jl. Kusumanegara Yogyakarta. Diawali dengan makan siang bersama, dilanjutkan shalat dzuhur-ashar dengan jama’-qashar, siswa-siswa begitu menikmati melihat koleksi hewan di kebun binatang yang menurut mereka lebih lengkap dibanding kebun binatang Semarang. Mulai dari hewan-hewan berukuran besar seperti gajah, unta, kuda nil, buaya, orang utan,kuda, harimau, zebra. Hewan-hewan berukuran sedang seperti rusa. Hewan unggas, reptile, hingga berbagai macam ikan ada di sini. Para siswa begitu menikmati perjalanan di kebun binatang gembira loka, namun waktu menunjukkan pukul 17.00 sehingga para siswa harus bergegas kembali ke dalam bus setelah sebelumnya mampir ke kios-kios di depan parkiran kebun binatang, membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 


Perjalanan pulang sedikit lebih sepi daripada saat berangkat, karena para siswa sudah kelelahan dengan aktivitas seharian dan hampir semuanya tertidur pulas hingga sampai kembali di Semarang pada pukul 21.00. para orang tua sudah menunggu untuk menjemput di sekolah. Hari ini benar-benar menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi seluruh keluarga besar SD Juara Semarang.

0 Komentar