Reward Kebiasaan UNIK


Ada tradisi baru yang sedang dimulai di SD Juara Semarang. Walaupun sebenarnya tidak baru-baru amat karena di tahun pertama tradisi ini juga sudah pernah dilakukan. 


Semangat ini muncul kembali bermula dari inspirasi yang kami dapatkan di pelatihan guru akhir bulan lalu. Pembicara memberikan contoh kegiatan rutin pekanan yang dilakukan sekolah dalam rangka kaizen atau perubahan berkesinambungan. Kegiatannya diberi nama reward siswa yang melakukan kebiasaan unik. Sharing kegiatan tersebut menyegarkan dan menguatkan kembali azzam kami untuk selalu memberikan reward kepada siswa minimal satu kali sepekan.


Maka sejak akhir februari kemarin kami pun memulai kembali tradisi reward pekanan. Dua bersaudara (Dhimas dan Bagas) menjadi siswa pertama yang mendapatkan reward pekanan. Mereka berdua kedapatan sering membantu tugas household. Mereka berdua adalah tipe siswa yang ringan tangan atau suka membantu. Guru kelasnya pun mengamini ketika usulan reward jatuh kepada mereka di meeting pekanan kami.
Berlanjut di senin pekan ini, reward pekanan kami berikan kepada Annisa, siswi kelas II. Para guru sering menjumpai Nisa menata sandal di musholla dan menyapu teras kelas. Tindakan kecil namun sangat berarti dan berkesan.


Semoga kedepan makin banyak siswa yang memiliki kebiasaan-kebiasaan unik tentunya yang baik-baik. Dan inilah sesungguhnya hasil yang kami inginkan dari proses pendidikan ini. Semoga Allah memudahkan. Aminnnn.

0 Komentar