(disini) Semua siswa JUARA

Di awal berdiri banyak yang bertanya mengapa dinamakan Sekolah Juara? Apa filosofinya?
Setelah membaca berbagai referensi dan juga dokumen lembaga saya mulai mantab menjawab karena disini kami berprinsip bahwa semua siswa adalah JUARA. Seandainya dibuat rangking maka semua siswa akan berada pada rangking I.

 
Di tahun kedua (tahun ajaran 2011-2012) yang lalu apa yang menjadi prinsip dan keyakinan kami itu mulai tampak jadi kenyataan. Dalam setahun hampir 20 piala digondol leh siswa dari berbagai cabang perlombaan yang diikuti. Jujur sebenarnya kami belum memiliki target muluk terhadap perolehan kejuaraan dalam lomba. Yang kami lakukan hanya mencoba menemukan potensi yang ada pada siswa dan menfasilitasi tumbuh kembang potensi tersebut. Salah satu nya adalah dengan menfasilitasi keikutsertaan dalam lomba.


Di tahun yang sama di penghujung akhir tahun kami sepakat setiap senin pagi ada pemberian reward kepada anak. Ini juga dalam rangka memberikan dorongan dan penguatan kepada anak untuk memunculkan potensinya. Reward diberikan bukan karena prestasi akademik tapi karena kebiasaan baik yang menonjol dan kuat terlihat pada siswa. Contoh reward yang kami beri nama reward kebasaan unik adalah seperti; suka membantu, merapikan sandal, rajin menabung, semangat dalam belajar, dan lain-lain.


Bahkan saya berikrar bagaimanapun caranya sebisa mungkin setiap siswa sebelum lulus dan lepas dari sekolah juara harus memiliki minimal satu piala. Ini bermaksud agar mereka memiliki kenangan manis selama belajar di Sekolah Juara dengan itu akan menjadi pendorong semangat mereka di masa selanjutnya. Dan saya rasa hal itu sangat mungkin terjadi. Seandainya tidak event yang mampu mengeksplorasi potensi siswa maka kami sendiri yang akan mengadakan event sehingga semua siswa bisa tereksplor potensinya. Sehingga Sekolah Juara tidak sekedar nama tapi juga benar-benar bisa menjadi pencetak para juara dalam berbagai bidang atau minat masing-masing.


0 Komentar