Teatrikal PUNAKAWAN

Teatrikal Punakawan mensosialisasikan tata tertib sekolah

T A R H I B Ramadhan 1433 H

Aksi kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H

Bisnisday Ramadhan 1433 H

Jualan ta'jil. Hasil penjualan diberikan semua untuk membantu warga muslim Rohingya.

Teng Dung

Aksi membangunkan warga sekitar sekolah untuk segera bersiap makan sahur

Aksi Hari Anak Sedunia

Pembelajaran outdoor kelas V pelajaran PKn. Menyeru hentikan kekerasan terhadap anak

Rabu, 19 Desember 2012

Horeeeeeee...... aku ikut lomba M I Challenge

Ditulis oleh Nuryasin Muhammad Ngalim (PKS Kesiswaan)


”Cublak-cublak suweng, suwenge tenggelender mambu ketundung gudel pak empong lera-lere sapa ngguyu ndhelikake sir-sir pong dhele kopong sir, sir pong dhele kopong” suara yang merdu, , gerakan yang kompak terlihat dari siswa sd juara yang ikut lomba dalam MI Challenge akhir semester ini.
 
Hari senin dan selasa tanggal 10 dan 11 Desember SD Juara semarang mengadakan beberapa perlombaan yang berkaitan dengan Multiple Intelegence, diantaranya adalah lomba melukis, pencak silat, membaca puisi, menyanyi, menulis cerpen, fashion show, drama, pidato, mendongeng, handycraft, MIPATEK dan gerak dan lagu.

 
MI challenge ini sebagai lahan dan ajang perlombaan internal SD Juara dan untuk memfasilitasi beberapa kecerdasan yang ada pada tiap diri siswa. Kegiatan ini juga sebagai pengalaman pertama OSIS SD Juara sebagai panitia.



Panitia MI Challenge OSIS SD Juara bekerjasama dengan PKS Kesiswaan, guru bidang studi dan guru ekstrakurikuler melaksanakan acara tersebut di ruang kelas 1, 2 dan 3.



Salah satu siswa bernama Fajar Nuruddin kelas 5 mengungkapkan “Bu, saya di SD Juara sangat senang, selain bisa belajar, saya juga dipercaya menjadi panitia lomba, hal ini belum pernah saya dapatkan di SD yang dulu”
Komentar dari peserta lomba bernama Niswa kelas 2 “Pak, saya senang sekali bisa ikut lomba gerak dan lagu”.


Kegiatan ini juga sebagai persiapan siswa untuk mengikuti lomba-lomba yang diadakan di luar SD Juara. Dalam penilaian untuk juarapun tidak seperti biasanya yang menyebutkan juara 1, 2 dan 3, akan tetapi memakai juara kategori seperti misalnya dalam lomba menulis cerpen yaitu : juara menulis sesuai kaidah bahasa dan runtut, juara cerita dengan efek kejut, juara cerita gaya realis, dan lain sebagainya.

Kamis, 13 Desember 2012

Heeee....booooh, SD Juara Semarang Juara 2 Turnamen Futsal JSIT CUP

Ditulis oleh Nuryasin Muhammad Ngalim (PKS Kesiswaan)

Gol.... gol.... gol..... ale...ale...ale..... gol.....gol....gol.... juara makin juara, demikianlah suara yang didengungkan saat Tim SD Juara tampil dalam Turnamen Futsal JSIT CUP Se-KORDA Semarang



Hari rabu tanggal 12 pagi yang cerah dan ceria siswa SD Juara yang ikut dalam tim futsal SD Juara Semarang sudah siap-siap memakai sepatu, dekker, sarung tangan dan memakai kaos untuk berangkat ke Turnamen Futsal, padahal berangkatnya adalah sesudah shalat dhuha, tapi mereka sangat antusias dan semangatnya membara.



Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, sesudah shalat dhuha kendaraan yang akan memberangkatkan tim futsal SD Juara stand by di samping mushola. Pelatih tim SD Juara membunyikan peluit “prit.....priiiiiit....priiiiiiiiit, ayo anak-anak berkumpul di halaman kita koordinasi dulu” kemudian bermunculan siswa yang ikut tim futsal SD Juara, mereka adalah Ilham, Galang, Fathan, Asep, Fahri, Irfan, Oki, Rio, Fajar, Syifa, Fatih dan Affan, jumlahnya ada 12 siswa, mereka kelas 4 dan 5.
Dalam pertandingan kali ini coach D (sebutan dari Pak Drajat) menerapkan formasi 1-1-2, rupanya formasi ini manjur untuk menggempur lawan-lawan, hal ini terbukti SD Juara Semarang bisa mengalahkan SDIT Bunayya, SDIT Bina Amal, Cahaya Bangsa. Tetapi dalam permainan ada kalah dan menang. Pencetak gol adalah Asep, Galang dan Fathan.
Setelah lolos babak penyisihan, kemudian lolos semifinal, akhirnya tibalah saatnya final turnamen dilaksanakan, tim futsal SD Juara melawan SDIT Harapan Bunda, yang menjadi juara 1 SDIT Harapan Bunda, adapun SD Juara mendapatkan Juara2.
Semoga di turnamen yang baru ikut pertama ini menjadi pelajaran tersendiri, sehingga kelak di turnamen-turnamen selanjutnya bisa menjadi juara 1.


Jumat, 07 Desember 2012

Anak yatim sd juara jalan-jalan ke KFC, masjid Agung Semarang, Toga mas


Ditulis oleh Nuryasin Muhammad Ngalim(PKS Kesiswaan)

Hari kamis tanggal 8 November 2012 pukul 14.00 , 9 siswa SD Juara Semarang diajak LSM Peduli Sahabat (Mbak Diana) jalan-jalan ke KFC, masjid Agung Semarang Baiturrahman, dan Toko Buku Toga Mas.


Siswa SD Juara bernama Neneng (kelas 5), Rizki Yanuar (kelas 4), M. Nizar (kelas 4), Arjuna Diki Joko Mulyo(kelas 4), Annisa (kelas 3), Desi Antimiati (kelas 3), M. Riyan Hidayat (kelas 3), Annisa Indah(kelas2), Intan Nur Lestari/Nonik (kelas 1).


Sore itu 9 siswa anak yatim SD Juara diajak mbak Diana pakai mobil Colt yang besar dan muat banyak (wow ternyata mbak Diana lincah juga nyopir pake setiran besaar), anak-anak merasa nyaman naik mobilnya sampai-sampai gak tau kalo dah nyampe gedung KFC. Setelah acara makan-makan yang saat itu ada acara ULTAH seorang dokter yang ke-28 dan menyampaikan ke siswa mohon didoakan semoga sukses selalu.




Masih di gedung KFC anak-anak bermain di jembatan dan terowongan dengan ceria semua. Sesudah selesai di KFC, anak-anak diajak ke Masjid Baiturrahman solat asar, kemudian melanjutkan perjalanan ke toko Toga Mas, di lokasi ini anak-anak diberi kesempatan memilih buku bacaan maksimal Rp 50.000,- dan alat tulis maksimal Rp 20.000,- serta saat pulang dibagi pensil dan buku. Sebelum acara selesai Mbak Diana dan yang ULTAH membagikan Donat (masing-masing 6 buah) dan mie. Dalam perjalanan pulang, anak-anak tertidur pulas dan senang sekali dan tidak lupa mengucap terimakasih dan bersyukur kepada Allah.

Me na ngislah ... bila ingin menangis



Ditulis oleh Nuryasin Muhammad Ngalim (PKS Kesiswaan)

Di SD Juara Semarang ada siswa baru yang unik lagi, siswa itu adalah Jabaruddin atau panggilannya Rudi. Kalau dilihat sekilas anak tersebut tidak ada bedanya dengan siswa lainnya, Tapi yang membedakannya adalah hobinya yang suka menangis.



Hampir tiap hari pasti rudi menangis, entah ada yang jahilin ataupun tidak. Menurut riwayat kehidupan anak tersebut di sekolah sebelumnya juga sering nangis, bahkan lebih lama dan susah berhenti, tetapi di SD Juara Semarang biasanya kurang lebih maksimal 15 menit, dan nangisnya kalau dihayati suaranya kadang merdu kadang cempreng dan full variasi (suaranya kadang seperti mobil, kereta, ataupun yang lain).

Kalau awalnya teman-temannya terganggu, tapi lama-kelamaan justru jadi nuansa tersendiri ada semacam musik yang terdengar aneh. Selidik-demi selidik, si Rudi ini anak nomor 2 dari 3 bersaudara, setelah ayahnya menikah lagi, anak tersebut kurang perhatian dari ayah dan ibu, ibunya menjadi single parent mengajar TK bergaji 300ribu, sorenya mencari tambahan untuk membiayai 3 anak, rumahnya masih terbuat dari kayu beralaskan tanah.

Suatu saat pernah seorang guru menanyakan kepada rudi “Rudi, mengapa koq rudi tiap hari menangis?”, Rudi menjawab”saya kadang pengen menangis j bu”.