Teatrikal PUNAKAWAN

Teatrikal Punakawan mensosialisasikan tata tertib sekolah

T A R H I B Ramadhan 1433 H

Aksi kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H

Bisnisday Ramadhan 1433 H

Jualan ta'jil. Hasil penjualan diberikan semua untuk membantu warga muslim Rohingya.

Teng Dung

Aksi membangunkan warga sekitar sekolah untuk segera bersiap makan sahur

Aksi Hari Anak Sedunia

Pembelajaran outdoor kelas V pelajaran PKn. Menyeru hentikan kekerasan terhadap anak

Senin, 06 Mei 2013

Semua Siswa Bisa Jadi Juara


Ditulis oleh Zainal El Bughuri
      
Tulisan berikut dibuat sebagai ungkapan rasa bahagia dan terima kasih kami kepada para donatur yang telah berdonasi di RUMAH ZAKAT. Khususnya donatur program Senyum Juara yang telah membantu menemukan "mutiara dari lumpur yang hitam"  pearls from the black mud.

Perlahan tapi pasti, siswa Juara berhasil mengukir prestasi sesuai dengan potensi masing-masing.


Sederet trophy berhasil di raih berkat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja mawas dan kerja tuntas seluruh elemen sekolah dari mulai kepala sekolah, waka, guru, siswa dan tentunya orang tua siswa sejak awal berdiri (Juni 2010) hingga sekarang (2013).
Tentu, prosesnya tidak secepat membalikkan telapak tangan, butuh waktu, butuh eksplorasi, elaborasi strategi, konfirmasi serta formulasi ide dalam mengenali potensi mereka.

Dengan pendekatan Multiple Intelligences System (MIS) yang diprakarsai kepala sekolah potensi-potensi mereka terpantik, tumbuh dan hingga akhirnya menjadi mutiara yang sangat berharga.
Setiap anak adalah special -memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. red- yang harus dipahami, dihargai dan di fasilitasi. Sekecil apapun potensi yang dimiliki anak harus diperhatikan dan dimotivasi. Demikianlah ramuan yang di racik dan diolah dari dulu hingga sekarang kini telah menjadi kilapan-kilapan kuning emas dan menjadikan nama SD Juara  Semarang di kenal seantero jagad raya.

       
Sekali lagi, terima kasih yang tak terhingga kami haturkan kepada seluruh donatur yang telah memberikan kepercayaan kepada RUMAH ZAKAT untuk mengelola dan menyalurkan amanah yang diberikan. Demikian pula, kepada sobat pejuang yang tergabung dalam barisan pejuang RUMAH ZAKAT yang telah berjuang tak kenal lelah agar para penerima manfaat (mustahik) bisa tersenyum bahagia karena ada yang masih peduli pada nasib mereka.
Semoga menjadi ladang amal yang akan kita petik buahnya di yaumil qiyamah nanti. Aamin.



Kamis, 02 Mei 2013

SEKOLAHKU ISTANAKU

Ditulis oleh  M. Zainal A.

Para pengunjung blog SD Juara yang budiman, kurang lebih tiga tahun lagi kami punya kesempatan untuk menempati tempat yang sekarang ini. Selama ini tempat kami memang statusnya masih numpang alias sewa bangun atas dasar kemanfaatan dan kemitraan. Jika menilik ke MoU sebagai landasan legalitas, hanya 6 tahun kami diberi waktu untuk menempati tempat yang sekarang ini. Untuk selanjutnya akan dievaluasi dan hasilnya akan membuahkan dua keputusan: dilanjutkan atau diputus.



Tentu kami tidak ingin ada kegusaran, kegelisahan dan kecemasan dalam menyikapi masalah ini. Kami sebagai pendidik harus tetap fokus pada proses belajar mengajar. Melalui media ini kami ingin berbagi program donasi yang digulirkan oleh lembaga yang memayungi kami yaitu Rumah Zakat.


Saat ini, Rumah Zakat memfokuskan programnya untuk pembebasan lahan dan gedung Sekolah Juara se-Indonesia yang saat ini 95% statusnya masih sewa atau kontrak.

Akan sangat ideal jika kami memiliki lahan dan gedung milik sendiri agar visi dan misi kami bisa terealisasi. Adapun penawaran donasi program pembebasan lahan dan gedung untuk satu unit Sekolah Juara (SD) full membutuhkan bantuan dana sebesar 2,2 M. Sedangkan retail donasi yang ditawarkan kepada para muzakki, muhsinin atau para dermawan sebesar @Rp. 255.000.


Donasi bisa langsung di transfer  via rekening donasi nasional :
BCA    094 301 6001

BNI SYARI'AH      155 555 5589
BANK MUAMALAT   101 00361 15
CIMB NIAGA SYARI'AH 5200 100 131 005
MANDIRI   132000 481 9 74 5
MANDIRI SYARI'AH   701 551 824 8
HSBC  AMANAH     705 00144 4864
DANAMON SYARI'AH  789 588 08
BTN SYARI'AH    702 100 1555
PERMATA BANK SYARI'AH    377 100 1555
BANK BJB    001 0101 00573 5
BII SYARI'AH    2 700 00 5599
BRI SYARI'AH    1000 859 172
BANK MEGA SYARI'AH    1000 000 270
OCBC NISP SYARI'AH   247 80000 9000

Setelah berdonasi mohon konfirmasi ke SMS centre   0815 7300 1555  

Bagi yang mampu berdonasi langsung kami hanya bisa mendoakan semoga Allah SWT membalas investasi amalnya. Bagi yang belum, tolong sampaikan info ini ke saudara kita yang lain. Semoga menjadi jalan datangnya pertolongan Alloh kepada kita. Amiin.




Rabu, 01 Mei 2013

Learning by 'KARTINI' day

Ditulis oleh Zainal el Bughuri

Moment  “Kartini-an”  adalah saat-saat yang sangat dinantikan oleh sebagian besar siswa SD Juara Semarang. Selain banyaknya event perlombaan yang disiapkan oleh sekolah, mereka juga ingin tampil “beda” dalam hal fashion. Jika sehari – hari mereka hanya mengenakan seragam sekolah seadanya, berbeda halnya ketika moment “Kartini-an”. Fashion mereka terlihat lebih ‘jreng’, anggun, cantik mempesona, begitupun make-upnya tuebbballl buanggget dech.


Yang menarik lagi ada diantara siswa yang berdandan ala sinden. Ketika ditanya, “Bagaimana perasaanmu hari ini?”. Dengan kompak ia menjawab, “Senang karena bisa tampil beda”. Begitulah adanya, karena di hari itu seluruh siswa diberi ‘kebebasan’ berekspresi  dengan tidak melupakan nilai-nilai mulia yang dipesankan oleh R.A Kartini kepada kaum hawa. Kegiatan hari Kartini diawali dengan drama “Sepenggal Kisah Kartini” yang diperankan oleh guru-guru  SD Juara SMG.


Selain itu, moment  Kartini juga diisi dengan berbagai ajang adu kreatifitas baik untuk guru maupun siswa.  Berbagai kreatifitas yang dilombakan diantaranya; membuat kue tradisioanal berbahan dasar singkong, membuat dan membaca  puisi, fashion show, paduan suara, drama, menulis cerpen, dan juga mewarnai.
Melihat antusiasme siswa yang sangat luar biasa, mengundang decak kagum kami sebagai guru. Kami pun semakin yakin jika semua siswa difasilitasi dalam proses perkembangannya maka bisa dipastikan akan kita lihat potensi mereka yang sungguh di luar dugaan.